Selasa, 27 Desember 2016

Pemuda yang Berilmu, Berkarakter dan Beradab



Apa saja peran pemuda yang berilmu, berkarakter dan beradab dalam berkontribusi terhadap orang banyak?

Pemuda memiliki peranan penting sebagai penerus dan masa depan sebuah bangsa, bangsa yang maju akan jauh lebih maju bila mempunyai pemuda yang berkualitas dengan didukung moral dan karakter yang kuat. Pemuda yang memiliki daya sosial yang tinggi inilah yang akan menjadi penentu sebuah kemajuan bangsa. Sehingga terciptalah Pemuda berilmu, berkarakter dan beradab yang penuh dengan tanggung jawab untuk berperan aktif dalam segala aspek positif sehingga menjadi cerminan baik bagi yang lain dan bisa membawa kedalam kehidupan masyarakat dan Negara. Sebaliknya, kurangnya kontribusi pemuda dalam mengambillangkah yang lebih baik terhadap masyarakat dan Negara, menimbulkan ketidak tahuan dalam bersosialisasi dan menurunnya tingkat moralitas yang rendah.

Maka tidaklah heran, pemuda generasi sekarang sangat berbeda dengan generasi terdahulu yang sangat jauh dari kata berkualitas, bersosialisasi, berpikir dan cara mengambil tindakkan, padahal mereka memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan kreatifitas dengan kegigihan dan kerja keras. Berbeda dengan pemuda generasi dahulu, yang lebih berpikir secara rasional, bersifat nasionalisme dan jauh ke depan demi kepentingan bangsa yang berjuang melawan penjajahan untuk merebut kemerdekaan dengan rela mengorbankan harta, dan bahkan mempertaruhkan jiwa dan raga untuk kepentingan bersama. Begitu kompaknya pemuda Indonesia pada waktu itu. Sedangkan pemuda sekarang sudah mulai menurun hal tersebut di pengaruhi oleh globalisasi yang penuh dengan gaya hidup, sehingga peran pemuda dalam sosialisasi bermasyarakat sungguh menurun drastis. Pemuda pada masa sekarang lebih suka dengan kesenangan serta masih terkesan acuh tak acuh terhadap masalah-masalah sosial di lingkungannya. Kini semakin cepatnya perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi membuat para pemuda sekarang lebih suka peranan di dunia maya ketimbang di dunia nyata dan berkurangnya rasa sosialisasi dimasyarakat yang dapat berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan, termasuk terhadap karakter generasi muda. Sehinga kita selaku pemuda dituntut aktif dan kreatif dalam berkontribusi terhadap kegiatan masyarakat karena kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan Negara. Oleh karena itu dibutuhkannya pemuda yang memiliki nilai moral yang tinggi, berilmu dan beradab dalam membentuk bangsa yang berkualitas, bahkan karakter yang unggul sangatlah perlu ditanamkan dalam diri para generasi muda, sebab karakter merupakan cerminan dari budaya sebuah bangsa.

Dengan demikian peran penting kita sebagai generasi penerus bangsa adalah berperan aktif dalam masyarakat dan Negara, guna terciptanya generasi yang unggul, kreatif dan berakhlak mulia. Sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan dan santun dalam bermasyarakat dan bernegara. Karena kesadaran dan usahalah yang akan membawa perubahan yang lebih baik untuk nusa dan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar